Jumat, 11 Oktober 2019

4 Dampak Hepatitis Pada Kesuburan, Berisiko Alami Kemandulan

Tahukah Anda jika hepatitis B merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia hingga saat ini. Sebuah data menunjukkan jika saat ini ada jutaan orang yang pernah atau bahkan sedang terserang virus hepatitis B. Ternyata hepatitis B juga bisa berdampak pada kesuburan pria lo. Nah berikut merupakan beberapa dampak hepatitis pada kesuburan. Apa saja sih?

4 Dampak Hepatitis Pada Kesuburan, Berisiko Alami Kemandulan

Merusak Tempat Pembuatan Energi di Sel Sperma
Sama halnya dengan sel-sel tubuh lainnya, sel sperma juga membutuhkan energi untuk bisa membuatnya bergerak dan berenang dengan cepat. Salah satu dampak hepatitis pada kesuburan adalah merusak tempat pembuatan energi di sperma. Saat virus masuk ke dalam tubuh, virus akan langsung merusak pembuatan energi di dalam sel tersebut.

Memicu Kematian Sel Sperma
Ada beberapa penelitian yang menyatakan jika penyakit hepatitis B juga akan berdampak pada sistem reproduksi pria dan memicu sel sperma untuk merusak dirinya sendiri baru kemudian mati. Tak hanya itu saja, beberapa ahli juga menduga jika virus hepatitis juga dapat menyebabkan radikal bebas yang mampu merusak sel sperma.

Menurunnya Volume Air Mani
Tahukah Anda jika penyakit hepatitis B juga bisa menyebabkan menurunnya volume air mani, jika biasanya dalam sekali ejakulasi minimal volume air mani normal adalah 1,5 mililiter. Lain halnya dengan pria yang menderita hepatitis B. Virus hepatitis B akan menurunkan volume cairan air mani yang dapat mengganggu proses reproduksi yang optimal.

Sebenarnya air mani mengandung banyak sekali enzim yang berperan untuk membantu sperma selama proses pembuahan pada sel telur. Jika volume cairan sperma berkurang, maka hal ini juga akan membuat kesempatan pembuahan jadi semakin kecil.

Menurunnya Jumlah Sel Sperma
Infeksi yang disebabkan karena virus hepatitis B ternyata juga dapat menyebabkan sel-sel sperma menjadi mati. Kondisi ini tentunya akan menurunkan jumlah sel sperma yang dihasilkan selama proses ejakulasi. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan terjadinya pembuahan dengan sel telur akan semakin berkurang.

Ketahanan Sel Sperma
Pada umumnya sel sperma idealnya memiliki waktu yang cukup lama untuk bisa bertahan hidup. Kemampuan semacam ini memang dirancang agar sel sperma mampu bertahan hidup lebih lama dan mampu membuahi sel telur. Namun akibat infeksi virus hepatitis B akan memproduksi racun sehingga kemampuan sel sperma menjadi berkurang.

Bentuk Sperma
Tak hanya mengurangi volume, ketahanan, dan jumlah sel sperma saja, virus hepatitis juga ikut mempengaruhi bentuk normal sel sperma. Padahal sebenarnya bentuk sel sperma memang dirancang khusus agar mampu bergerak dengan lincah dan mampu bertahan hidup sehingga terjadi proses pembuahan.

Nah, di atas merupakan beberapa dampak hepatitis pada kesuburan bagi pria yang perlu diperhatikan. Bagi Anda yang merupakan pria di usia subur dan mengalami atau pernah terinfeksi virus hepatitis B jangan langsung khawatir. Sebab tidak semua penderita hepatitis B menjadi kurang subur. Pastikan untuk selalu menjaga gaya hidup sehat.