Senin, 04 November 2019

5 Tips Jitu untuk Merawat Kaos Polos agar Tahan Lama Dipakai

Tahan lamanya kaus polos bukan ditentukan dari pembeliannya secara eceran di distro atau pun secara grosiran di tempat grosir kaos polos. Walau Anda beli kaus secara eceran di distro ternama, jika tak lihai merawatnya, kaus akan cepat lusuh juga. Kunci utama dari keawetan kaus polos yang dimiliki adalah cara merawatnya. Agar bisa tahan lama, Anda bisa mengikuti 5 tips jitu berikut ini.
5 Tips Jitu untuk Merawat Kaos Polos agar Tahan Lama Dipakai
1.    Pisahkan Kaus Saat Dicuci
Saat Anda mencuci kaus polos, pastikan Anda jangan mencampurkannya begitu saja. Pisahkan kaus polos berwarna putih dengan kaus polos dengan corak warna lain, untuk menghindari warna yang luntur. Jangan lupa juga untuk memisahkan kaus yang dalam keadaan sangat kotor, dengan yang tak terlalu kotor. Hal ini dilakukan agar kotoran tak malah melekat di kaus yang satunya.
2.   Jangan Rendam Kaus Terlalu Lama
Rendamlah kaus di saat Anda memang berniat untuk langsung mencucinya. Perendaman kaus yang terlalu lama, akan membuat kaus cepat rusak. Usahakan untuk tidak merendam kaus polos yang Anda miliki, lebih dari 1 jam lamanya, Bahkan, jika kaus tersebut tergolong baru, rendamlah paling lama sekitar 30 menit saja. Jangan sampai kebablasan, sehingga kaus terendam hingga semalaman.
3.   Cuci Kaus dengan Menggunakan Tangan
Agar kaus polos kesayangan yang baru saja Anda beli bisa awet, maka cucilah kaus tersebut menggunakan tangan. Pencuciannya tak ribet kok, Anda cukup menguceknya dengan lembut. Jika Anda memilih mencuci kaus menggunakan mesin cuci, maka risiko kaus menjadi melar sangat tinggi. Anda tak ingin bukan, kaus polos kesayangan Anda tak lagi pas di badan karena ukurannya melebar. 
4.   Jemur Kaus dalam Keadaan Terbalik
Agar warna kaus polos yang Anda miliki bisa bertahan lama, maka jemurlah kaus tersebut dalam keadaan terbalik. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan warna kaus jadi memudar. Hal ini terutama sekali sangat disarankan bagi Anda yang kerap menjemur kaus langsung di bawah paparan sinar matahari. Jika warna kaus sudah memudar, Anda tentu tak nyaman lagi untuk memakainya.
5.   Hindari Penggunaan Hanger
Walau bisa menghemat space jemuran, namun penggunaan hanger untuk menjemur kaus polos sangat tak disarankan. Penggunaan hanger untuk menjemur kaus berisiko membuat bagian leher kaus menjadi melar. Jika masih ingin menggunakan hanger, gunakanlah saat kondisi kaus sudah agak kering, jadi tak begitu bertahan pada hanger yang digunakan. 
Mau itu kaus polos yang dibeli eceran atau grosiran, jika Anda tak bisa merawatnya dengan baik, maka kaus itu tak akan bertahan lama. Jika Anda ingin memakai kaus polos tersebut dalam waktu yang lama, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Anda bisa mengikuti 5 tips di atas, untuk menjaga keawetan tiap kaus polos yang Anda miliki.