Jumat, 29 November 2019

Cara Mengobati Varikokel dan Diagnosanya yang Perlu Anda Ketahui

Biasanya varikokel dapat dengan mudah didiagnosa dan tidak memerlukan pengobatan apapun. Namun, semakin lama penyakit varikokel akan semakin membesar dan parah. Varikokel juga menyebabkan rasa sakit, atrofi testis atau infertilitas. Jika sudah menimbulkan gejala, barulah diperbaiki dengan tindakan pembedahan sehingga tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut.

Cara Mengobati Varikokel dan Diagnosanya yang Perlu Anda Ketahui

Sumber : trefix.com

Menurut Honestdocs, bahwa satu-satunya cara untuk mengobati varikokel adalah pembedahan, karena kelainan ini merupakan kelainan pada bentuk atau anatomis dari pembuluh darah vena skrotum, bukan kelainan pada fungsinya. Tujuan utama dari tindakan pembedahan ini adalah untuk menutup aliran darah ke pembuluh darah vena yang terganggu, sehingga aliran darah ini menuju ke pembuluh vena yang normal.

Menurut Doktersehat bahwa perbaikan varikokel juga memiliki relatif sedikit resiko, yaitu :

1. Terjadi penumpukan cairan di sekitar testis atau hidrokel.
2. Kemungkinan kambuhnya varikokel.
3. Adanya kerusakan arteri.

Beberapa cara mengobati varikokel adalah pembedahan yang dibagi dalam beberapa bentuk berikut ini.

1. Operasi terbuka
Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki pembuluh darah vena skrotum melalui pembedahan di daerah selangkangan atau perut bagian bawah.

Proses perawatan satu ini biasanya dilakukan secara rawat jalan, dengan menggunakan anestesi umum atau disebut juga anestesi lokal. Umumnya, dokter bedah akan mendekati vena melalui pangkal paha atau transinguinal, tetapi juga kemungkinan dokter membuat sayatan pada perut atau bawah pangkal paha.

Proses ini adalah usaha untuk mengurangi komplikasi pasca operasi varikokel. Pemakaian pisau bedah, yang memungkinkan ahli bedah untuk dapat melihat area perlakuan yang lebih baik selama operasi. Selain itu, penggunaan USG Doppler, yang membantu memandu prosedur.

Nyeri yang dialami pasca operasi umumnya ringan. Dokter akan meresepkan obat varikokel atau obat pereda nyeri selama dua hari pertama setelah operasi. Lalu, dokter mungkin juga menyarankan anda untuk tidak melakukan hubungan seks selama satu sampai dua minggu. Kemudian anda harus sabar menunggu hingga tiga atau empat bulan setelah pembedahan untuk mendapatkan analisis air mani untuk menentukan apakah perbaikan verikokel berhasil mengembalikan kesuburan anda.

2. Laparaskopi
Dalam tindakan pembedahan ini dokter akan melakukan sayatan kecil di daerah perut kemudian memasukkan suatu alat dari lubang tersebut untuk memperbaiki varikokel. Prosedur ini membutuhkan anestesi umum, dan cara pengobatan varikokel yang satu ini memerlukan konsultasi khusus dengan dokter sebelum melakukannya.

3. Embolisasi perkutaneus
Pada tindakan pembedahan kali ini dokter akan memasukkan selang kecil melalui pembuluh darah vena yang melebar di skrotum. Keadaan dari perjalanan selang ini dapat dipantau menggunakan monitor. Setelah mencapai pembuluh vena yang dimaksudkan, dokter akan melepaskan suatu zat yang bisa menyebabkan terbentuknya jaringan perut sehingga menghambat aliran darah yang menuju ke pembuluh darah vena itu.

Diagnosa varikokel
Dilansir dari laman Alodokter, diagnosa varikokel biasanya diawali dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui kondisi penderita. Pemeriksaan ini dilakukan dengan merasakan varikokel yang ditandai dengan massa yang keras diatas testis dan terasa berbentuk seperti cacing. Dokter juga bisa meminta pasien untuk melakukan gerakan membuang napas dengan mulut dan hidung tertutup untuk memperjelas pembesaran pembuluh vena.

Untuk memastikan dan mencari tahu penyebabnya, dokter urologi dapat menyarankan serangkaian pemeriksaan yang dirasa menunjang, antara lain :

1. USG skrotum
Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat ukuran pembuluh darah dan aliran darah secara mendetail.
2. Pengukuran volume testis
Alat yang digunakan untuk mengukur volume testis ini disebut orkidometer.
3. eriksaan ini dilakukan guna melihat persentase kesuburan.